Kamis, 28 Juli 2011

7 negara yang meraih penghargaan terbanyak untuk individu pemain terbaik


1 . brazil

Brazil merupakan negara persepakbolaan yang paling kompetitif. Hal ini bisa terbukti bila melihat segudang prestasinya dengan berhasil memenangi kejuaraan piala dunia sebanyak 5 kali, dimana merupakan jumlah terbanyak untuk saat ini. Negara ini pun satu-satunya negara yang selalu mengikuti kejuaraan piala dunia yang pernah diselenggarakan. Beserta Argentina dan Spanyol, Brazil merupakan negara yang berhasil memenangi kejuaraan piala dunia diluar continental zone-nya. Begitu banyak kehebatan negara tersebut dalam sepakbola, hingga ada kutipan "Os ingleses o inventaram, os brasileiros o aperfeiçoaram (The English invented it, the Brazilians perfected it)." Negara tersebut pun tak pernah berhenti melahirkan pemain berkualitas, sebut saja dari Pele, Ronaldo, Ronaldiho hingga Kaka.

Total penghargaan: 8x pemain terbaik dunia, 3x pemain terbaik ke-2 dunia, 3x pemain terbaik ke-3 dunia


2 . prancis

Tim yang terkenal dengan julukan les blues ini juga merupaka negara di Eropa dengan persepakbolaan yang sangat sukses. Berhasil menjadi juara di Piala Dunia tahun 1998 dan 2x juara Eropa pada tahun 1984 dan 2000. Pada waktu itu, Perancis merupakan salah satu tim yang berhasil mengawinkan trofi Piala Dunia dan Piala Eropa. Perancis pun sering melahirkan maestro-maestro sepakbola yang terkemuka. Sebut saja Michael Platini, Zinedine Zidane, dan juga Thierry Henry. Tetapi hanya Zidane lah yang berhasil merebut gelar pemain terbaik dunia, dan bahkan sebanyak 3x.

Total Penghargaan: 3x pemain terbaik dunia, 4x pemain terbaik ke-2 dunia, 2x pemain terbaik ke-3 dunia


3 . argentina

Argentina merupakan salah satu negara sepakbola terbaik di Amerika Latin dan juga di dunia. Negara yang berkostum strip biru putih tersebut pernah mengkoleksi 2x trofi piala dunia, dan 14x Copa Amerika. Negara tersebut pun yang paling rutin menghasilkan pemain-pemain terbaik sekaliber Maradona, Di Stefano, Kempes, maupun Messi. Namu hanya Messi yang berhasil meraih pemain terbaik dunia, bahkan sebanyak 2x. Meski Maradona mungkin tetap dikatakan sebagai yang terbaik, tetapi pada saat itu belum ada sistem penghargaan yang diberikan oleh FIFA seperti sekarang ini.

Total penghargaan: 2x pemain terbaik dunia, 2x pemain terbaik ke-2 dunia, 1x pemain terbaik ke-3 dunia


4 . portugal

Tampaknya untuk urusan di kompetisi internasional, Portugal tak bisa berbicara terlalu banyak, setidaknya apabila kita melihat dari segi trofi yang pernah diraih tim tersebut. Portugal belum pernah memenangi kejuaraan internasional sekalipun, baik itu piala dunia maupun piala Eropa. Tetapi itu tidak lantas mendeskripsikan kualitas pemain-pemain Portugal tersebut. Luis Figo dan Cristiano Ronaldo pernah mengharumkan nama Portugal dengan penghargaan sebagai pemain terbaik dunia yang pernah diraihnya pada tahun 2001 dan 2008.

Total penghargaan: 2x pemain terbaik dunia, 2x pemain terbaik ke-2 dunia, 1x pemain terbaik ke-3 dunia


5 . italia

Mungkin Italia adalah negara Eropa terbaik dalam kompetisi internasional. Negara tersebut berhasil menjadi yang terbaik di dalam piala dunia sebanyak 4x dan Eropa sebanyak 1x. Permainan sepakbola Italia terkenal sangat baik dalam bertahan. Tak heran bila negara tersebut tak habis-habisnya dalam memproduksi pemain belakang dan kiper terbaik. Terbukti sedikit dari pemain belakang yang mampu menjadi pemain terbaik FIFA berhasil diraih oleh Cannavaro pada 2006. Sebelumnya Roberto Baggio pun pernah meraih hal yang sama pada 1993.

Total penghargaan: 2x pemain terbaik dunia, 1x pemain terbaik ke-2 dunia, 1x pemain terbaik ke-3 dunia


6 . jerman

Jerman adalah salah satu negara Eropa yang memiliki kekuatan sepakbola yang ditakuti di dalam persepakbolaan internasional. Jerman berhasil menjadi juara dunia sebanyak 3x dan juga juara Eropa sebanyak 3x. Untuk penghargaan pemain individu terbaik, Jerman pun pernah merasakanya di era Lothar Matthaus.

Total penghargaan: 1x pemain terbaik dunia, 1x pemain terbaik ke-2 dunia, 2x pemain terbaik ke-3 dunia


7 . liberia

Cukup mengejutkan tampaknya nama Liberia berhasil masuk ke peringkat 7 besar. Meski prestasinya di kejuaraan internasional tidak cukup baik, tetapi untuk soal penghargaan individu terbaik, negara ini berhasil mengalahkan negara hebat seperti Inggris, Belanda, dan juga Spanyol. Penghargaan terbaik pernah disandang oleh George Weah pada tahun 1995. Kemudian pada tahun berikutnya, nama Geroge Weah kembali muncul meski menempati runner up sebagai dalam pemilihan pemain terbaik dunia

Total penghargaan: 1x pemain terbaik dunia, 1x pemain terbaik ke-2 dunia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar